![]() |
| BBPOM Mataram Dapat Verifikasi WBBM, Paparkan Inovasi Layanan Publik. Foto/istimewa |
Mataram, LokalNews.id – Balai Besar POM (BBPOM) di Mataram, menjalani verifikasi lapangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) untuk penilaian predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Senin (11/9). Tim verifikasi dipimpin oleh Ika Yunita Puspitasari bersama Widaryati Hestiarsih dan Natasya Fauziah.
Kepala BBPOM Mataram Yosef Dwi Irwan, menegaskan bahwa WBBM adalah bentuk komitmen nyata dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dari pungli, gratifikasi, dan KKN serta menghadirkan pelayanan publik yang prima.
“Verifikasi ini momentum penting untuk menunjukkan konsistensi kami menjaga integritas dan kualitas layanan yang berdampak langsung bagi masyarakat,” ujarnya.
Dalam paparannya, Yosef menampilkan sederet inovasi BBPOM Mataram yang mendukung reformasi birokrasi. Beberapa di antaranya:
Gemilang Pro UMKM: pendampingan izin edar UMKM yang sudah menghasilkan 1.152 izin dan peningkatan omzet usaha hingga 179%.
GAS-PAMAN: edukasi pangan aman berbasis komunitas dengan melibatkan pedagang sayur keliling, kini memiliki 82 kader yang menyasar 2.481 keluarga.
SILAPOL: digitalisasi layanan pengujian sampel narkotika yang mempercepat proses administrasi hingga hasil uji dengan layanan One Day Service dan One Hour Service.
I-CONIC: pemeliharaan mandiri alat laboratorium oleh pegawai terlatih, mampu menghemat biaya pemeliharaan hingga 28,61%.
Duta Anti Gratifikasi 2.0: kampanye aktif anti pungli dan gratifikasi dengan hasil survei SPAK 2025 meraih predikat sangat baik.
Yosef menegaskan, sejak memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2021, BBPOM Mataram terus memperkuat pondasi menuju WBBM.
“Kami ingin membangun budaya kerja dengan nilai BerAKHLAK secara berkelanjutan, bukan sekadar lip service, demi mewujudkan Indonesia bersih dan bermartabat menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.
Setelah paparan, Tim Verifikasi KemenPAN RB meninjau fasilitas publik seperti ruang ramah anak, ruang laktasi, layanan disabilitas, dan teras literasi. Tim menyampaikan apresiasi atas komitmen BBPOM Mataram dalam membangun Zona Integritas yang berdampak nyata bagi masyarakat. (ln)

